1. BB204

Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1230HP,di Indonesia sejak 1981 dan kecepatan maksimumnya 60km/jam.
Lokomotif ini terdapat di Divisi Regional II SumBar yang relnya bergigi.
2. CC202

lokomotif
 buatan General Motors Kanada ini merupakan lokomotif terberat di 
Indonesia yaitu 108 ton. Lokomotif ini mempunyai spesifikasi teknik dan 
karakteristik khusus untuk menarik kereta api barang. Lokomotif ini 
hanya terdapat di Sumatra Selatan untuk melayani kereta api pengangkut 
batu bara. Lokomotif ini berdaya mesin 2250HP
3. CC201

Lokomotif CC 201 adalah lokomotif buatan General Electric. Memiliki Daya Mesin 1950 HP.
4. CC200

LOKOMOTIF
 CC 200 merupakan lokomotif diesel pertama yang dipesan pemerintah 
Indonesia dari General Electric Amerika Serikat awal 1950-an,dan 
memiliki tenaga 1750Hp
5. D300

Lokomotif D 300 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1968.
Lokomotif
 ini berdaya mesin sebesar 340HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk 
langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat 
berjalan dengan kecepatan maksimum 50 km/jam.
6. D301


Lokomotif
 D 301 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, 
Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1962. Lokomotif ini merupakan 
tipe kedua setelah D300.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340 HP.
7. BB306

Lokomotif
 BB 306 adalah lokomotif diesel hidrolik yang dipunyai oleh Dipo 
Kereta-kereta Besar di Jakarta Kota. Loko ini kerap digunakan untuk 
melangsir kereta penumpang yang akan diberangkatkan dari Stasiun Jakarta
 Kota (JAKK). Lokomotif ini sering digunakan pada tahun 80-an hingga 
90-an, sejak datangnya era KRL, loko ini mulai terlupakan dan kebanyakan
 rusak termakan usia dan kurang suku cadang.
8. BB305 (Jenbach)

Lokomotif BB 305 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Jenbacher, Austria. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1978.
Lokomotif ini hanya memiliki satu kabin masinis.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550 HP dan dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 120 km/jam.
9. BB305 (CFD)

Lokomotif
 BB 305 adalah lokomotif diesel hidrolik generasi keenam yang dimiliki 
oleh PT Kereta Api. Lokomotif ini diproduksi di pabriknya CFD, Perancis.
 Lokomotif ini mulai dinas sejak 1978.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta barang
10. BB304

Lokomotif
 BB 304 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, 
Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1976. Lokomotif ini berdaya 
mesin sebesar 1550 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan 
kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan 
dengan kecepatan maksimum yaitu 120 km/jam
11. BB303

Lokomotif BB 303 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Henschell, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1973.
Lokomotif
 ini berdaya mesin sebesar 1010 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk 
dinasan kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat 
berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 90 km/jam
12. BB301

adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1964 sebanyak 10 buah.
Lokomotif
 ini berdaya mesin sebesar 1350 HP dengan berat lokomotif sebesar 52 
ton. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang 
ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan 
maksimum 120 km/jam.
13. BB300

Lokomotif
 ini berdaya mesin sebesar 680 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk 
langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat 
berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 75 km/jam, buatan pabrik Fried 
Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1958.
14. BB203

Lokomotif
 BB 203 buatan General Electric adalah lokomotif diesel elektrik tipe 
keempat (U18B) dengan transmisi daya DC - DC yang mulai beroperasi sejak
 tahun 1978.
Bentuk,
 ukuran, dan komponen utama lokomotif ini sama seperti lokomotif CC201, 
yang membedakan adalah susunan gandarnya. Jika lokomotif CC201 bergandar
 Co'-Co' dimana setiap bogienya memiliki tiga gandar penggerak, 
lokomotif BB203 bergandar (A1A)(A1A), dimana setiap bogienya juga 
memiliki tiga gandar, tetapi hanya dua gandar dalam setiap bogienya yang
 digunakan sebagai gandar penggerak.
15. BB202

Lokomotif
 BB 202 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe 
ketiga dengan transmisi daya DC - DC yang mulai beroperasi sejak tahun 
70-an. Lokomotif ini berebeda dengan lokomotif BB200 dan BB201 ataupun 
lokomotif diesel elektrik lain, lokomotif yang mempunyai satu kabin 
masinis ini tidak memiliki hidung.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1100 HP.
16. BB201

Lokomotif
 BB 201 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe 
kedua dengan transmisi daya DC - DC yang sudah dioperasikan sejak tahun 
1964.
Lokomotif ini berdaya 1425 HP.
17. BB200

Lokomotif
 BB 200 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe 
pertama dengan transmisi daya DC - DC yang sudah digunakan di Jawa sejak
 tahun 1957.
Lokomotif
 ini berdaya mesin sebesar 950 HP dengan susunan gandar lokomotif ini 
adalah (A1A).Hal ini dibuat agar tekanan gandarnya rendah, karena berat 
lokomotif ini sebesar 75 ton.
Kecepatan maksimum 110km/jam.
18. CC203

Lokomotif
 CC 203 buatan General Electric seri U20C merupakan pengembangan desain 
dari lokomotif CC201,yaitu pada bentuk kabin masinis ujung pendek yang 
aerodinamis,serta diperlebar untuk kenyamanan dan mengurangi penumpang 
liar.
Yang membedakan adalah lokomotif CC203 menggunakan motor diesel dengan dua tingkat turbocharger sehingga dayanya 2150HP.
19. CC204

Lokomotif
 CC 204 adalah salah satu jenis lokomotif yang dibuat khusus di 
Indonesia, yaitu hasil kerjasama antara PT General Electric Lokomotif 
Indonesia dan Industri Kereta Api Madiun (INKA). Lokomotif ini terbagi 
menjadi dua jenis, yaitu CC204 produksi pertama yg bentuknya seperti 
CC201,dan CC204 produksi kedua yang bentuknya seperti CC203
1. BB204

Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1230HP,di Indonesia sejak 1981 dan kecepatan maksimumnya 60km/jam.
Lokomotif ini terdapat di Divisi Regional II SumBar yang relnya bergigi.
2. CC202

lokomotif
 buatan General Motors Kanada ini merupakan lokomotif terberat di 
Indonesia yaitu 108 ton. Lokomotif ini mempunyai spesifikasi teknik dan 
karakteristik khusus untuk menarik kereta api barang. Lokomotif ini 
hanya terdapat di Sumatra Selatan untuk melayani kereta api pengangkut 
batu bara. Lokomotif ini berdaya mesin 2250HP
3. CC201

Lokomotif CC 201 adalah lokomotif buatan General Electric. Memiliki Daya Mesin 1950 HP.
4. CC200

LOKOMOTIF
 CC 200 merupakan lokomotif diesel pertama yang dipesan pemerintah 
Indonesia dari General Electric Amerika Serikat awal 1950-an,dan 
memiliki tenaga 1750Hp
5. D300

Lokomotif D 300 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1968.
Lokomotif
 ini berdaya mesin sebesar 340HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk 
langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat 
berjalan dengan kecepatan maksimum 50 km/jam.
6. D301


Lokomotif
 D 301 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, 
Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1962. Lokomotif ini merupakan 
tipe kedua setelah D300.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340 HP.
7. BB306

Lokomotif
 BB 306 adalah lokomotif diesel hidrolik yang dipunyai oleh Dipo 
Kereta-kereta Besar di Jakarta Kota. Loko ini kerap digunakan untuk 
melangsir kereta penumpang yang akan diberangkatkan dari Stasiun Jakarta
 Kota (JAKK). Lokomotif ini sering digunakan pada tahun 80-an hingga 
90-an, sejak datangnya era KRL, loko ini mulai terlupakan dan kebanyakan
 rusak termakan usia dan kurang suku cadang.
8. BB305 (Jenbach)

Lokomotif BB 305 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Jenbacher, Austria. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1978.
Lokomotif ini hanya memiliki satu kabin masinis.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550 HP dan dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 120 km/jam.
9. BB305 (CFD)

Lokomotif
 BB 305 adalah lokomotif diesel hidrolik generasi keenam yang dimiliki 
oleh PT Kereta Api. Lokomotif ini diproduksi di pabriknya CFD, Perancis.
 Lokomotif ini mulai dinas sejak 1978.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta barang
10. BB304

Lokomotif
 BB 304 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, 
Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1976. Lokomotif ini berdaya 
mesin sebesar 1550 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan 
kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan 
dengan kecepatan maksimum yaitu 120 km/jam
11. BB303

Lokomotif BB 303 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Henschell, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1973.
Lokomotif
 ini berdaya mesin sebesar 1010 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk 
dinasan kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat 
berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 90 km/jam
12. BB301

adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1964 sebanyak 10 buah.
Lokomotif
 ini berdaya mesin sebesar 1350 HP dengan berat lokomotif sebesar 52 
ton. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang 
ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan 
maksimum 120 km/jam.
13. BB300

Lokomotif
 ini berdaya mesin sebesar 680 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk 
langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat 
berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 75 km/jam, buatan pabrik Fried 
Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1958.
14. BB203

Lokomotif
 BB 203 buatan General Electric adalah lokomotif diesel elektrik tipe 
keempat (U18B) dengan transmisi daya DC - DC yang mulai beroperasi sejak
 tahun 1978.
Bentuk,
 ukuran, dan komponen utama lokomotif ini sama seperti lokomotif CC201, 
yang membedakan adalah susunan gandarnya. Jika lokomotif CC201 bergandar
 Co'-Co' dimana setiap bogienya memiliki tiga gandar penggerak, 
lokomotif BB203 bergandar (A1A)(A1A), dimana setiap bogienya juga 
memiliki tiga gandar, tetapi hanya dua gandar dalam setiap bogienya yang
 digunakan sebagai gandar penggerak.
15. BB202

Lokomotif
 BB 202 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe 
ketiga dengan transmisi daya DC - DC yang mulai beroperasi sejak tahun 
70-an. Lokomotif ini berebeda dengan lokomotif BB200 dan BB201 ataupun 
lokomotif diesel elektrik lain, lokomotif yang mempunyai satu kabin 
masinis ini tidak memiliki hidung.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1100 HP.
16. BB201

Lokomotif
 BB 201 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe 
kedua dengan transmisi daya DC - DC yang sudah dioperasikan sejak tahun 
1964.
Lokomotif ini berdaya 1425 HP.
17. BB200

Lokomotif
 BB 200 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe 
pertama dengan transmisi daya DC - DC yang sudah digunakan di Jawa sejak
 tahun 1957.
Lokomotif
 ini berdaya mesin sebesar 950 HP dengan susunan gandar lokomotif ini 
adalah (A1A).Hal ini dibuat agar tekanan gandarnya rendah, karena berat 
lokomotif ini sebesar 75 ton.
Kecepatan maksimum 110km/jam.
18. CC203

Lokomotif
 CC 203 buatan General Electric seri U20C merupakan pengembangan desain 
dari lokomotif CC201,yaitu pada bentuk kabin masinis ujung pendek yang 
aerodinamis,serta diperlebar untuk kenyamanan dan mengurangi penumpang 
liar.
Yang membedakan adalah lokomotif CC203 menggunakan motor diesel dengan dua tingkat turbocharger sehingga dayanya 2150HP.
19. CC204

Lokomotif
 CC 204 adalah salah satu jenis lokomotif yang dibuat khusus di 
Indonesia, yaitu hasil kerjasama antara PT General Electric Lokomotif 
Indonesia dan Industri Kereta Api Madiun (INKA). Lokomotif ini terbagi 
menjadi dua jenis, yaitu CC204 produksi pertama yg bentuknya seperti 
CC201,dan CC204 produksi kedua yang bentuknya seperti CC203

0 komentar:
Posting Komentar