Categorized | ARTIKEL OTOMOTIF
Cara Memeriksa Poros Gardan
Posted on .
Pemeriksaan poros gardan dibagi menjadi 3 bagian yaitu;a. Pembongkaran
- Lepas sambungan universal dair diferensial dan bantalan penyangga tengah dari rangka kemudian lepaskan poros propeller
 - Sebelum melepaskan poros propeller dari flens penyambung jangan lupa untuk member tanda pemasangan.
 - Masukkan peralatan khusus ke dalam ujung belakang dari rumah transmisi untuk mencegah kebocoran oli.
 - Siapkan poros propeller di atas bangku kerja
 - Beri tanda pemasangan flens yoke dan poros propeller.
 - Lepaskan map ring dan buka bantalan spider/ jarum bagian belakang.
 - Buka dan lepas snap ring dari bantalan jarum/spider bagian depan.
 - Tekan ujung yang satu dari bantalan jarum dengan ragum dan soket ukuran 14 mm dan 21 mm sehingga sisi lainnya dari batnalan jarum masuk ke dalam soket ukuran 21 cm
 - Pukul poros propeller hingga bantalan jarum ditarik keluar dan jaga bantalan tidak boleh berjatuhan.
 
- Cuci bagian yang dibongkar dan periksa kemungkinan rusak aus atau berkarat.
 - Periksa bagian yang diberi nomor kemungkinan aus, rusak dan berubah bentuk
 - Yoke sambungan dnegan selubung periksa bagian -bagian yang mungkin aus, rusak dan berubah bentuk.
 - Periksa yoke flens sambungan universal kemungkinan aus dan rusak.
 
- Pasang komponen-komponen poros propeller sesuai nomor urutnya.
 - pasang pada sipder pada Yoke dengan menggunakan peralatan khusus dan ragam atau alat pengepres yang lebih dahulu dipasang pada bantalan pada salah satu bagian spider dengan cara yang sama.
 - Sesudah dipsang, pemeriksa kehalusan putaran dengan jalan memutar selubung atau flens yoke ke kiri dan ke kanan.
 - Pasang poros dengan kelengkapan setelah tanda-tanda pemasangan yang dibuat waktu melepas dicocokkan.
 - Pada waktu memasang poros propeller 3 sambungan, pertama-tama setel posis bantalan tengah dalam kendaraan tanpa beban.
 - Cocok garis tengah bantalan harus tegak lurus pada garis tengah poros tengah.
 - Setel selesai pemasangan bagian sambungan univesal, selubung yoke yang masuk ke dalam transmisi harus diberi minyak pelumas
 - Keraskan baut pengikat menurut spesifikasinya.
 
Categorized | ARTIKEL OTOMOTIF
Cara Memeriksa Poros Gardan
Posted on .
Pemeriksaan poros gardan dibagi menjadi 3 bagian yaitu;a. Pembongkaran
- Lepas sambungan universal dair diferensial dan bantalan penyangga tengah dari rangka kemudian lepaskan poros propeller
 - Sebelum melepaskan poros propeller dari flens penyambung jangan lupa untuk member tanda pemasangan.
 - Masukkan peralatan khusus ke dalam ujung belakang dari rumah transmisi untuk mencegah kebocoran oli.
 - Siapkan poros propeller di atas bangku kerja
 - Beri tanda pemasangan flens yoke dan poros propeller.
 - Lepaskan map ring dan buka bantalan spider/ jarum bagian belakang.
 - Buka dan lepas snap ring dari bantalan jarum/spider bagian depan.
 - Tekan ujung yang satu dari bantalan jarum dengan ragum dan soket ukuran 14 mm dan 21 mm sehingga sisi lainnya dari batnalan jarum masuk ke dalam soket ukuran 21 cm
 - Pukul poros propeller hingga bantalan jarum ditarik keluar dan jaga bantalan tidak boleh berjatuhan.
 
- Cuci bagian yang dibongkar dan periksa kemungkinan rusak aus atau berkarat.
 - Periksa bagian yang diberi nomor kemungkinan aus, rusak dan berubah bentuk
 - Yoke sambungan dnegan selubung periksa bagian -bagian yang mungkin aus, rusak dan berubah bentuk.
 - Periksa yoke flens sambungan universal kemungkinan aus dan rusak.
 
- Pasang komponen-komponen poros propeller sesuai nomor urutnya.
 - pasang pada sipder pada Yoke dengan menggunakan peralatan khusus dan ragam atau alat pengepres yang lebih dahulu dipasang pada bantalan pada salah satu bagian spider dengan cara yang sama.
 - Sesudah dipsang, pemeriksa kehalusan putaran dengan jalan memutar selubung atau flens yoke ke kiri dan ke kanan.
 - Pasang poros dengan kelengkapan setelah tanda-tanda pemasangan yang dibuat waktu melepas dicocokkan.
 - Pada waktu memasang poros propeller 3 sambungan, pertama-tama setel posis bantalan tengah dalam kendaraan tanpa beban.
 - Cocok garis tengah bantalan harus tegak lurus pada garis tengah poros tengah.
 - Setel selesai pemasangan bagian sambungan univesal, selubung yoke yang masuk ke dalam transmisi harus diberi minyak pelumas
 - Keraskan baut pengikat menurut spesifikasinya.
 

0 komentar:
Posting Komentar